Talkshow President University Bangkitkan Kesadaran Politik Anak Muda

Talkshow Indonesian Youth for Future Political Generation digelar Kamis (12/8/2016). Acara yang bertempat di XO Function Hall, Daan Mogot, Jakarta Barat ini merupakan program kerjasama mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi dan jurusan Hubungan Internasional yang tergabung dalam Fakultas Humaniora, President University. Talkshow ini pun berlangsung interaktif karena tingginya antusiasme peserta!

Indonesian Youth for Future Political Generation mengundang tokoh, pengamat politik, serta jurnalis dari salah satu media nasional. Mereka adalah Dimas Oky Nugroho (kandidat wali kota depok 2015), Raditya Putra Pratama (Digital Campaign Manager Partai Gerindra), Pangi Syarwi Chaniago (Pengamat Politik) dan Revolusi Risa Zulfedi (Jurnalis CNN Indonesia).

Pada kesempatan tersebut, banyak insight baru yang disampaikan pembicara. Salah satunya Pangi Syarwi Chaniago. Ia menyoroti bagaimana pemilik suara dari kalangan anak muda terkadang acuh dengan politik dan lebih memilih pasangan calon yang menjadi pilihan dari keluarganya.

“Biasanya anak muda di usia 17-24 tahun lebih memilih pasangan karena mengikuti pilihan dari orang tuanya. Hal ini dikarenakan mereka beranggapan politik itu merupakan sesuatu yang berat, makanya mereka nggak mau ambil pusing,” kata Pangi.

Revolusi Risa Zulfedi juga mengungkapkan hal yang sama. Ia beranggapan, perlu kampanye kreatif untuk mendorong anak muda agar lebih tertarik terjun langsung ke dalam dunia politik.

“Generasi Z nggak begitu tertarik dengan TV, tetapi banyak menghabiskan waktu dengan internet. Karenanya, kampanye pun perlu kreatif khas anak muda. Misalkan dengan poster dan meme yang interaktif,” kata alumni Universitas Airlangga tersebut.

Talkshow yang berlangsung selama 4 jam ini pun berlangsung seru! Peserta talkshow antusias untuk bertanya kepada pembicara terkait materi yang dibahas. Bahkan, pernyataan kandidat Wali Kota Depok 2015, Dimas Oky Nugroho tentang strategi sosial media pun bisa disanggah oleh Public Relation dari Partai Gerindra, Raditya Putra Pratama. Sanggahan demi sanggahan tersebut yang membuat talkshow semakin seru.

Project manager talkshow Indonesian Youth for Future Political Generation, Alfonsus mengatakan, tujuan talkshow adalah mendorong kaum muda agar nggak apatis terhadap politik.

“Kami ingin anak muda mampu membuat keputusan tepat ketika terjun langsung dalam kegiatan politik,” ujar Alfonsus.

Talkshow ini berhasil menghadirkan ratusan peserta dari mahasiswa President University dan umum. Well done, guys!

Sumber: Zetizen.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *