Prodi Ilmu Komunikasi Presuniv Peduli Internet Untuk Rakyat

image

CIKARANG—Mahasiswa Ilmu Komunikasi President University akan menyelenggarakan kegiatan penyuluhan dan pelatihan internet bertajuk PINTAR (Peduli Internet Rakyat) pada tanggal 21—26 Februari 2016 di Desa Labansari, Cikarang Timur, Jawa Barat.

Selain bertujuan untuk meningkatkan sumber daya ekonomi, sosial, dan pendidikan Desa Labansari melalui edukasi internet, kegiatan ‘PINTAR’ juga merupakan aktivitas pembelajaran dalam mata kuliah PR Campaign, PR Production, dan PR Online bagi mahasiswa Ilmu Komunikasi President University.

Kegiatan PINTAR akan membangun Gubuk Internet, sebuah rumah internet yang memanfaatkan gedung PKK yang tidak terpakai di Kantor Desa Labansari. Gubuk Internet akan diisi komputer yang dikumpulkan dari para donatur dan internet yang diupayakan dapat diakses warga tanpa biaya. Selanjutnya, pemanfaatan serta pengelolaan Gubuk Internet ini akan diserahkan kepada Aparat Desa Labansari.

Sekretaris Desa Labansari, Suparja mengatakan bahwa Kepala Desa Labansari dan jajarannya sangat mendukung kegiatan PINTAR.

“Kan, fasilitasnya pun sudah disiapkan dan kegiatan ini juga ada manfaatnya bagi warga. Jadi, kami sangat mendukung,” ungkap Suparja.

“Desa Labansari dipilih karena desa ini terletak di Kabupaten Bekasi yang memiliki Pendapatan Asli Daerah (PAD) terbesar se-Jawa Barat, tetapi ironisnya karena berada di perbatasan, desa ini menjadi kurang diperhatikan. Pemerintah membantu dalam hal infrastruktur jalan antarkampung, sedangkan aspek pemberdayaan masyarakat belum terlalu disentuh,” papar Dindin Dimyati, dosen pengampu mata kuliah PR Production sekaligus Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi President University.

“Dengan aktivitas pembelajaran ini, mahasiswa diharapkan mampu merancang program komunikasi sesuai dengan tuntutan kompetensi berdasarkan kurikulum baru,” tambah Dindin.

Pheseline Felim selaku Ketua Pelaksana PINTAR mengaku bersyukur banyak pihak tertarik untuk membantu dan bekerja sama meski kegiatan sosial ini dipersiapkan dalam waktu kurang dari dua bulan.

“Saya sangat berterima kasih kepada President University, PT Jababeka Tbk., Dekan Fakultas Humaniora, pada dosen Ilmu Komunikasi Universitas Presiden, pihak sponsor, dan semua media partner yang sudah bersedia mendukung acara ini,” ungkap Pheseline.

Rangkaian kegiatan PINTAR akan dibuka pada Minggu (21/2/2016) dan akan berakhir pada (26/2/2016) sekaligus peresmian Gubuk Internet Desa Labansari.(AMV)

Editor: Mohammad Shihab