Presuniv Communication Gelar Pameran ‘Tanpa Batas’

Dalam rangka menampilkan karya terbaik mahasiswa/i Ilmu Komunikasi President University, Cikarang, Jawa Barat, President University Major Association of Communications (PUMA COMM) atau HIMA Ilkom President University dengan bangga mempersembahkan Communication Exhibition 2015 atau disingkat menjadi COMMEX 2015. Acara yang bertemakan OMNISCIENT (Omni: All & Scient: Knowing), memiliki makna “pemahaman akan pengetahuan tanp batas”. Tema tersebeut diangkat untuk mendorong para generasi muda untuk memaknasi sesuatu dari segala aspek tanpa batas sehingga terciptalah sebuah karya yang menarik. COMMEX 2015 dilaksanakan selama 4 hari, Senin-Selasa, 16-17 November 2015 dan Sabtu-Minggu, 21-22 November 2015. 4 jenis kegiatan edukatif yang berbeda secara spesial disiapkan untuk siswa/i, mahasiswa/i, dan masyarakat JABODETABEK dan Bandung: lomba fotografi, pameran karya, workshop, dan seminar.

Untuk menghasilkan karya yang luar biasa sebagai hasil interpretasi tema COMMEX 2015 tahun ini tentulah tidak mudah dan patut diapresiasi. Oleh karena itu, COMMEX 2015 menyediakan wadah edukatif bagi para siswa dan mahasiswa khususnya untuk dapat menuangkan ide kreatifnya dalam Photography Competition yang dibuka untuk umum se-JABODETABEK & Bandung dengan tema “All Seeing, Seeing Without Boundaries”. Pendaftaran gelombang pertama (23 Juli-23 Agustus 2015) dan gelombang kedua (3 September 2015-31 Oktober 2015) telah ditutup. 10 finalis telah terpilih karyanya pada tanggal 6 November 2015 dan pengumuman pemenang akan dilakukan bertepatan dengan Workshop Fashion Photography hari Minggu, 22 November 2015. Karya tersebut dinilai oleh kurator yang handal seperti Naswan Iskandar dan Hermanto Laksana.

Commex 2015

COMMEX 2015 juga telah berhasil menyelenggarakan pameran karya pada hari Senin-Selasa, 16-17 November 2015 di President Unversity dengan tema “Freedom of Expression”. Pameran karya pada hari pertama dilaksanakan di Lobby Gedung B, President University pukul 09.30-14.00. Sekitar 30 karya mahasiswa/i Desain Komunikasi Visual (DKV) dipajang dalam beberapa ‘akuarium kardus’. Pameran karya pada hari kedua COMMEX 2015 mengundang siswa/i SMA sekitar Cikarang dan mahasiswa/i President University untuk hadir di General Lecture “Photography: an Effective Way in Conveying the Message” oleh Hermanto Laksana (Dosen Desain Komunikasi Visual – President University), “Brush in Danger” Movie Screening and Discussion, Campus Touring, dan Exhibition Visit. SMA yang hadir adalah SMA Presiden, SMAN 1 Cikarang Barat, SMAN 1 Cikarang Selatan, SMAN 2 Cikarang Barat, dan SMKN 1 Cikarang Utara. Total keseluruhan peserta pada hari kedua ini mencapai lebih dari 100 orang. Pameran karya hari kedua menunjukkan 40 karya mahasiswa/i Desain Komunikasi Visual (DKV) yang dipajang dalam bentuk stan dan mobile hanging di mana beberapa panitia mebawa beberapa karya berkeliling di area kampus President University.

COMMEX 2015 juga menyadari bahwa memiliki citra positif di dalam diri sendiri merupakan hal yang penting sebagai salah satu penentu kesuksesan dalam bidang apapun. Orang yang memiliki karakter positif akan lebih mudah diterima oleh lingkungan ataupun orang lain dalam melakukan suatu aktivitas. Oleh karena itu, COMMEX 2015 juga menyiapkan sebuah seminar dengan topik ‘Personal Branding’ oleh Amalia E. Insani, seorang public speaker dan penulis buku Brandmate: Mengubah Just Friends menjadi Soulmates (Branding Solution Series). Seminar ini akan dilaksanakan pada Hari Sabtu, 21 November 2015 dengan biaya registrasi Rp 65,000,00. Peserta yang mendaftar minimal 3 orang sekaligus akan mendapatkan promo harga menjadi Rp 50,000,00/orang.

Selain itu, COMMEX 2015 juga menyiapkan kegiatan workshop dengan materi Fashion Photography. Perkembangan dunia fashion yang dinamis erat hubungannya dengan fotografi. Kegiatan memotret yang menjadikan manusia berbusana bagus sebagai objek memerlukan teknik pengambilan gambar secara khusus sehingga busana yang digunakan dapat menarik perhatian para penikamatnya. Melihat minat trend dalam bidang fashion photography seperti #ootd yang cukup tinggi, Tirto Andayanto (Pendiri studio foto “Point of View” dan penulis buku Berbisnis Fotografi) akan membagikan ilmunya dan membimbing peserta dalam pratik pada tanggal 22 November 2015 dengan biaya pendaftaran Rp 250,000,00. Peserta yang mendaftar minimal 3 orang sekaligus akan mendapatkan promo harga menjadi Rp 200,000,00/orang.

Acara ini juga disponsori oleh PT. Jababeka, Tbk. dan didukung oleh media partner yang membantu mensukseskan jalannya COMMEX 2015 yaitu Seputar Kampus, Event Jakarta, Kelas Penyiar Indonesia, 107,9 FM RTC UI, Student Job Indonesia, Jatinangorku, AcaraApa.com, Leo Clubs District 307 A1, UMN Radio, dan Untar Radio Universitas Tarumanagara, Jakarta Keras, dan Grafis Masa Kini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *