Stefi Landra

Mahasiswa President University Bedah Strategi Pemasaran Telkomsel Di Konferensi Internasional

Jakarta – Telkomsel dinilai berhasil dalam menyusun strategi komunikasi untuk mempertahankan pelanggan di tengah ketatnya persaingan layanan seluler. Hal ini mendorong mahasiswa Ilmu Komunikasi President University, Stefi Landra Darmawan, untuk membedah strategi komunikasi pemasaran PT Telkomsel yang dipresentasikan pada acara Conference on Communications, Culture, and Media Studies (CCCMS) Ke-4 yang berlangsung di Yogyakarta.

••• "Jadi mereka masih S1? Saya pikir mahasiswa S2", uttered one of the lecturers of Dept of Communications, UII. ••• "Mereka luar biasa!", compliments from Head of Communications UII and Vice Dean of Unisma. ••• Here are the 3 graduates, 1 current student, and 2 presenting lecturers of Communication Studies, President University, at the International Conference on Communication, Culture and Media Studies: • 1) Windasari GM & Abhirama SD Perdana, Communicating the risk of dehydration through 'Ada AQUA' campaign: A Circuit-of-Culture Analysis 2) Pheseline F, Dindin D, & Moh. Shihab, ASKfm: motives of self-disclosure to anonymous questions 3) Stefi LD & Abhirama SD Perdana, Integrated marketing communication: a case of Telkomsel as the best mobile operator in Indonesia 4) Ulima RD & Abhirama SD Perdana, The voices and schizophrenia: a critical multimodal analysis — an abridged version ••• Here at Communication Studies @com.president President University @president_university the lecturers care about the students' Academic and Non-Academic performances #president_university #presuniv #presunivers #universitylife #college #university #collegelife #student #students #internationalconference #presentation #conference #seminar #communications #communicationstudies #media #mediastudies #photooftheday #tagsforlikes

A post shared by Communication Studies (@com.president) on

Dalam diskusi panel, Stefi yang masih kuliah di semester tujuh ini memaparkan hasil penelitiannya tentang Integrated Marketing Communication Strategies: A Case Of Telkomsel as the Best Mobile Operator in Indonesia di depan para akademisi internasional, termasuk mahasiswa S2 dan S3.

“Dari Telkomsel kita bisa belajar bagaimana mereka membangun citra dan kesadaran merek. Kunci penting dalam komunikasi pemasaran adalah membangun ketertarikan. Misalnya, bila iklannya tidak menarik maka masyarakat tidak akan memiliki keinginan untuk melihat iklan kita,” tuturnya di kampus Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta (10/10).

Meskipun komunikasi pemasaran telah bergeser ke era digital, Stefi tetap mengingatkan bahwa sebagai manusia, konsumen tetap membutuhkan pendekatan komunikasi interpersonal.

“Masih ada konsumen yang lebih suka berinteraksi dan merasa lebih terikat bila komunikasi dilakukan secara tatap muka daripada menggunakan layanan call center dan mesin penjawab,” lanjutnya.

Stefi merupakan satu dari empat mahasiswa President University yang mempresentasikan hasil kajiannya. Ketiga seniornya yang lain, Pheseline Felim, Ulima Rahma Dynda, dan Windasari Galuh Mardatilah, membawa topik-topik komunikasi digital dan budaya hasil kajian yang mereka lakukan saat menyusun skripsi.

Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi President University, Dindin Dimyati, menyatakan bahwa ia sangat jarang melihat mahasiswa S1 tampil di konferensi ilmiah.

“Kajian yang mahasiswa kami presentasikan merupakan hasil kajian skripsi dan bahkan tugas mata kuliah yang diberikan oleh dosennya di kelas. Sangat jarang mahasiswa S1, bahkan yang belum sarjana sekalipun, berani tampil sebagai pembicara di konferensi ilmiah. Karena itu, kami dorong mereka untuk tampil di sebagai pembicara di tingkat nasional maupun internasional, karena kami yakin hasil analisis mereka juga tidak kalah dengan mahasiswa pasca sarjana. Kami berharap hasil kajian para mahasiswa ini juga bisa menjadi referensi bagi para praktisi di bidang komunikasi,” tutup Dindin.


Editor: Catleya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *