Ini Cara President University Tumbuhkan Soft Skill Mahasiswa

Kemampuan mahasiswa agar bisa bersaing di dunia kerja tidak hanya terfokus pada teori yang diberikan di kampus. Melainkan, kampus juga harus mempunyai cara menumbuhkan softskill bagi para mahasiswanya.

Seperti yang dilakukan oleh President University terhadap mahasiswanya agar bisa memperkaya mereka dengan sejumlah softskill yang dibutuhkan.

“Jadi di kampus kami ada mata kuliah universitas, nah itu yang wajib diambil oleh mahasiswa. Satu lagi ada kegiatan berkelompok bagi mahasiswa, jadi mahasiswa dibagi menjadi kelompok dengan jumlah anggota 10 orang,” ungkap Rektor President University, Dr Jony Octavian Haryanto, SE, MM, MA dalam acara media briefing di The Polo Club, Jakarta, belum lama ini.

Melalui kelompok tersebut, mahasiswa mendapat simulasi untuk menjadi CEO pada bisnis yang dijalaninya. “Nah semester duanya mereka sudah menjalani bisnis yang sungguhan. Mata kuliah ini cukup efektif untuk mengajarkan tentang leadership, cara menghargai perbedaan yakni Bhineka Tunggal Ika, sampai mencari solusi dari masalah yang dihadapi,” paparnya.

Selain itu, kampus juga memiliki sejumlah dosen yang berlatar belakang praktisi. Sehingga apa yang diajarkan dalam perkuliahan bukan lagi seputar teori saja, tapi sudah berkaitan dengan praktik.

“Kampus kami kan dikelilingi perusahaan-perusahaan, banyak yang mau mengajar,” imbuhnya.

Jony menambahkan, para mahasiswa yang akan diajarkan oleh praktisi ini adalah mahasiswa yang sudah duduk di semester empat ke atas. “Karena diajar praktisi jadi tidak bicara soal teori lagi, di semester empat mahasiswa diajarnya oleh dosen dari latar belakang praktisi,” tambahnya.

Sumber: Okezone.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *