5 Cara Memberi Kesan yang Baik dalam Membina Suatu Hubungan

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering bertemu dengan orang-orang baru dan berkenalan dengan mereka untuk membina sebuah hubungan. Namun, sering kali kita gagal memberikan kesan yang baik sehingga membuat suatu hubungan hanya sebatas perkenalan saja.

Berikut adalah beberapa tips memberikan kesan yang baik.

Tersenyum pada Lawan Bicara

Lakukanlah tindakan yang paling mudah dan sederhana ini tanpa ragu ketika bertemu dengan orang lain, terutama pada saat berkenalan dengan orang baru. Senyuman menunjukkan kerendahan hati dan dapat menambah keakraban di dalam suatu hubungan.

Ingat Nama Lawan Bicara

Mengingat nama orang mungkin merupakan hal yang cukup sulit bagi sebagian orang. Namun, berusahalah untuk mengingat nama lawan bicara, karena secara tidak langsung kita telah memberikan penghargaan dan pujian kepada mereka. Setiap orang akan merasa senang dan dihargai jika seseorang dapat mengingat dan menyapa nya dengan nama.

Mendengarkan dan Menaruh Minat pada Cerita Mereka

Biasakan diri mendengarkan dan menaruh minat pada cerita mereka. Dengan menyimak secara seksama, kita akan mendapat kesempatan untuk mempelajari sesuatu yang tidak kita ketahui sebelumnya dan sebagai jembatan untuk membina hubungan yang berkelanjutan.

Berbicara Sesuai Minat Lawan Bicara

Untuk menarik perhatian lawan bicara, kita harus bisa membahas hal-hal yang  sesuai dengan minat mereka dan yang menurut mereka penting untuk dibahas. Jangan membuat mereka merasa jenuh akan percakapan yang tidak dianggap penting. Memprioritaskan minat lawan bicara akan membuat ketertarikan untuk membina hubungan lebih lanjut.

Menghargai Mereka

Berusahalah menghargai apa yang telah dilakukan orang lain sehingga membuat mereka merasa lebih baik. Dengan menghargai orang lain, maka dengan sendirinya orang lain akan ikut menghargai kita. Jangan merendahkan orang lain dan menghakimi mereka dengan kesombongan diri.

Tulisan Juvenia, mahasiswi Ilmu Komunikasi (Public Relations) 2013 di situs Isigood.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *